Perjuangan Tanpa Kekerasan

Jun 25, 2009
Jika kita mendengar kata perjuangan, pasti yang terpikir adalah perang, banyak tembakan, bunyi bom, gedung hancur, dan sebagainya.
Apakah anda telah mengenal Mahatma Gandhi ?
Ya, dia adalah seorang pemimpin perjuangan kemerdekaan yang tidak menggunakan senjata atau kekerasan dalam berjuang. Dia merupakan seorang tokoh yang sangat terkenal dan istimewa, bukan hanya di negerinya, tetapi juga di internasional. Berkat perjuangannya, India merdeka pada tahun 1947.
Pada waktu itu India dijajah oleh Inggris. Nah, bagaimana caranya melakukan perlawanan tanpa kekerasan? Salah satu contohnya, Gandhi menganjurkan agar rakyat India tidak mau membeli barang-barang keperluan yang dijual orang Inggris.
Seorang penjajah punya tujuan bukan sekedar menjajah begitu saja. Ujung-ujungnya adalah duit. Karena banyaknya warga India pada saat itu, otomatis kebutuhannya pun semakin banyak. Sehingga para penjajah itu menetapkan harga sesuka hati mereka dan mereka mendapat untung yang banyak. Jika warga India tidak membelinya, maka Inggris akan rugi. Gandhi mengajak para penduduk untuk senantiasa hidup sederhana. Misalnya untuk kebutuhan pakaian, lebih baik dibuat dengan tangan sendiri. Jangan membeli dari Inggris.
Gandhi mengatakan bahwa setiap bangsa harus memperjuangkan hak-haknya. Tetapi tidak melakukan pelanggaran terhadap hak-hak dasar orang lain, yaitu hak orang lain untuk hidup.

0 komentar:

Post a Comment