Asal-usul Tumbuhan Hewan

Jul 13, 2009 Asal-usul Organisme Prokariotik

Para ahli menduga bahwa makhluk hidup yang pertama kali muncul merupakan prokariotik. Dugaan tersebut menjadi benar setelah ditemukannya batu stromatolit, yaitu batuan sedimen berbentuk kubah yang berlapis-lapis dan merupakan kolonisasi bakteri Cyanobacteria.


Asal-usul Organisme Eukariotik

Organel-organel tertentu pada sel Eukariotik, terutama mitokondria dan kloroplas, berasal dari sel prokariotik yang berukuran kecil yang menempati sitoplasma sel inang yang berukuran lebih besar. Hipotesis ini disebut sebagai teori endosimbiotik yang mempunyai makna bahwa sel tunggal yang kompleks berevolusi dari dua atau lebih sel yang lebih sederhana, yang hidup simbiotik dengan sel inangnya.

Evolusi Tumbuhan

Berdasarkan dugaan bergabungnya endosimbion terutama Cyanobacteria, diperkirakan nenek moyang tumbuhan merupakan konversi organisme eukariotheterotrof. sel eukariotik yang bagian flagelnya menghilang dan membentuk kloroplas akan membentuk tumbuhan.

Evolosi Hewan

Hewan berevolusi dari Protista berflagel menjadi organisme kelompok Protozoa. Evolusi hewan invertebrata dimulai dari Protista yang hidup di laut.

0 komentar:

Post a Comment