.::Cobalah seperti pohon yang kokoh::.

Jul 13, 2009
Pohon seperti yang telah kita ketahui, terdiri dari buah (bunga, biji), daun, batang, dan akar.

* Buah; sebuah pohon akan terlihat sempurna jika menghasilkan buah. Tentu saja semua ingin hasil buah yang baik. Rasanya manis dan dagingnya tebal. Buah juga merupakan suatu produk yang bisa dijadikan individu baru jika bijinya diambil dan melalui reproduksi baik secara alami maupun buatan. Tetapi tidak semua biji bisa dijadikan individu baru yang hasilnya sebagus induknya.
* Daun; orang-orang biasanya melihat pohon dari daunnya. Jika daunnya lebat, maka pohon tersebut subur. Tetapi kadang juga pohon yang lebat daunnya mengalami penyakit. Seperti tumbuhnya jamur di daun. Daun di pohon adalah sebagai aksesoris yang mempercantik pohon. Pohon tanpa daun, pohon terasa kering, gersang, dan pastinya ada rasa yang tidak puas jika pohon tak berdaun dipandang. Mata kita pasti sangat sejuk melihat daun-daun hijau disekitar kita. Hati kita juga pasti sangat teduh setelah melihat begitu banyaknya dedaunan hijau.
* Batang; bagian dari pohon yang membuat pohon tersebut berbentuk adalah batang. Dengan batang, pohon tersebut terlihat kokoh dan perkasa. Semakin besar batang, maka akan terlihat jelas kekokohan dan keperkasaannya. Batanglah tempat daun tumbuh yang kemudian juga menghasilkan buah.
* Akar; inilah bagian yang paling jarang terlihat oleh kita pada pohon. Kebanyakan akar memang tersembunyi dibawah tanah. Tetapi ada juga akar yang di atas tanah. Akar inilah yang selalu menjaga keseimbangan tegaknya suatu pohon. Semakin besar dan tinggi pohon, tanpa akar yang kokoh suatu pohon tidak akan bertahan. Ketika banjir yang begitu besar melewati sebuah pohon, akar lah yang akan menyelamatkan pohon. Seperti yang kita ketahui, akar berfungsi untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah dan kemudian disalurkan kepada anggota tubuh pohon yang lain yang digunakan sebagai makanan bagi pohon itu sendiri.


Di atas adalah sedikit penjelasan tentang anggota tubuh dari sebuah pohon secara umum. Pohon yang kokoh pasti mempunyai akar dan batang yang kuat dan menghasilkan daun dan buah yang banyak. Hal ini tidak hanya terjadi ketika pohon tersebut hidup. Setelah ditebang, pohon tersebut masih bisa memberikan kontribusi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup lainnya di jagat raya. Daunnya banyak dimanfaatkan untuk obat atau dijadikan pupuk. Hewan herbivora (pemakan tumbuh-tumbuhan) juga akan memakan dedaunan. Buah dari pohon pastinya bisa dimakan dan bijinya bisa diambil untuk menghasilkan individu baru. Batang bisa dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan kursi, lemari, meja, rumah, dan sebagainya. Ranting bisa dimanfaatkan sebagai alat pengganti kompor yang biasanya dipakai di daerah terpencil. Semua dari anggota tubuh bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan makhluk hidup yang lain baik pohon yang masih hidup atau pohon yang telah ditebang.

Jika kita lihat, kita bisa belajar dari pohon. Seorang manusia pasti mengidam-idamkan dirinya menjadi orang yang sukses baik di bidang pendidikan maupun di bidang ekonomi mungkin juga di politik. Ketika kita sudah sukses, kita pasti akan sangat bangga dengan prestasi kita. Kita pun langsung berusaha lagi untuk mencapai tingkat selanjutnya. Tetapi kita harus sadar, semakin kita naik ke atas, kita harus meningkatkan kekokohan pondasi kita di bawah. Karena kita tidak tahu hal apa yang akan menimpa kita di kemudian hari. Pondasi yang dimaksud seperti akar pada pohon dan pada manusia adalah iman dari hati.
Banyak fenomena yang terjadi. Ketika seseorang sudah berada di atas, dia akan senantiasa mencoba untuk naik lebih tinggi lagi. Tetapi karena pondasi (iman) yang tidak kuat, hal tersebut malah menjerumuskannya ke dalam lubang yang sangat menyesatkan.

Marilah kita berjuang menjadi yang terbaik tetapi senantiasa meningkatkan kualitas iman kita !!
FIGHTING !!

0 komentar:

Post a Comment